memperingati sumpah pemuda 2020

Sumpah Pemuda 2020 dan Makna Persatuan

Sumpah Pemuda hari ini Rabu 28 Oktober 2020 diperingati sebagai hari bersejarah dalam perjuangan para pemuda Indonesia 92 tahun lalu merebut kemerdekaan dari para penjajah

Pada peringatan Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema bersatu dan bangkit. Sumpah Pemuda tercetus dari hasil Kongres Pemuda kedua yang dilaksanakan pada 27 dan 28 Oktober 1928.

Kongres tersebut terselenggara Jakarta, dulu Batavia. Meski tantangan dan tanggung jawab pemuda saat itu berbeda dengan pemuda sekarang namun semangat atau spirit untuk kesatuan Indonesia dan ikhtiar membangun tanah air Indonesia menjadi lebih baik tetap harus menggelora di sanubari pemuda pemudi masa kini.

Sumpah Pemuda ini merupakan salah satu pilar utama kemerdekaan Indonesia, untuk itulah hari bersejarah ini diabadikan sebagai hari yang selalu diperingati setiap tahun.

Mengingat pentingnya makna dan semangat Sumpah Pemuda ini, Paytren.co.id mengundang Anda untuk membaca kembali teks asli Sumpah Pemuda.

Dilansir dari beberapa sumber berikut naskah dengan tulisan asli Sumpah Pemuda:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Naskah Sumpah Pemuda dengan ejaan yang telah disempurnakan sebagai bagian dari salah satu momen memperingati Sumpah Pemuda 2020: 

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Untuk menyemarakkan peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 berikut ini ucapan Sumpah Pemuda yang bisa digunakan:

  1. Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia – Bung Karno
  2. Apa kekurangan kita? Kekurangan kita adalah kurangnya percaya diri sebagai bangsa sehingga kita menjadi penjiplak luar negeri dan kurang memercayai satu sama lain. – Bung Karno
  3. Pemuda masa silam menggelorakan kehendak bersatu, hari ini rayakanlah Indonesia tanpa ragu. – Najwa Shihab
  4. Tidak ada yang lebih membanggakan dilahirkan di tanah air dengan kondisi beragam, namun tetap bisa bersatu. Semoga kita bisa menjalankan nilai-nilai dalam ikrar Sumpah Pemuda.
  5. Perbedaan yang ada bukanlah penghalang untuk bersatu. Jadikan keberagaman sebagai alasan untuk menyatukan semuanya. Semangat menjalani nilai-nilai Sumpah Pemuda!
  6. Peringatan Hari Sumpah Pemuda telah tiba. Mari manfaatkan momen ini untuk menilai kembali usaha dan perjuangan kita untuk negeri ini.
  7. Momen Hari Sumpah Pemuda selalu menarik karena mampu menjadi pengingat sejarah perjuangan bangsa. Semoga semangat Sumpah Pemudadapat kita rasakan hari ini dan hari-hari setelahnya.
  8. Bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah Air, Berbangsa, dan Berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!
  9. Pemuda bukanlah status bukan pula ukuran umur. Pemuda adalah mereka yang berani memikul beban bangsa. Ayo bangkit dan pikul beban sejarah ini! – Mardani Ali Sera
  10. Sumpah Pemuda bukanlah sekedar teks sejarah, tetapi itu seperti kepalan tangan yang berlumuran darah, meski harus merasa sakit tetap banggalah untuk mengatakan bahwa saya Indonesia.
  11. Aku hanya pemuda biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dan dengan cara Indonesia.
  12. Jika kamu mengaku bertumpah darah yang satu, berbangsa satu dan berbahasa persatuan, buktikan dengan niat dan hati yang tulus karena bangsa butuh persatuan pemudanya, bukan hanya satu golongan.
  13. Mari kita tingkatkan kemampuan anak-anak di era millennium dan menjadi anak muda Indonesia yang dapat menghasilkan prestasi di panggung dunia.
  14. Kemajuan suatu bangsa ada di genggaman para pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  15. Busungkan dadamu wahai pemuda, pandanglah ke depan! Ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati, dan raihlah sebuah kemerdekaan, kemerdekaan Indonesia yang Sejati. Selamat Hari Sumpah Pemuda! 28 Oktober 2020***