pentingnya menjaga rahasia data

Pentingnya Menjaga Rahasia Data Pribadi

#DatamuRahasiamu

Pentingnya menjaga rahasia data pribadi, yuk kita sama-sama belajar untuk lebih cerdas lagi menjaga salah satu aset penting dalam kehidupan kita di zaman serba digital ini

Menjaga keamanan data pribadi adalah bagian dari dukungan kita terhadap kampanye institusi keuangan yang mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan kejahatan cyber. Selain itu, dengan menjaga rahasia data pribadi, kita sudah menjadi pengguna teknologi internet yang cerdas, yuk mari sama-sama menjaga kerahasiaan data-data pribadi kita, jangan sampai kecolongan.

Teknologi berkembang begitu pesat, dan tentu saja kemajuannya sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Namun, memakainya secara sembarangan dapat memudahkan seseorang melakukan sesuatu yang negatif dengan data Anda. Salah satunya adalah pencurian data yang semakin marak dan bahkan terkesan mudah dilakukan. Untuk itu, Anda harus mengetahui pentingnya menjaga rahasia data dan itu adalah hartamu.

Pasalnya, masih banyak orang yang menganggap bahwa membocorkan data pribadi seperti nama, alamat, KTP, OTP dll bukanlah hal yang berbahaya. Faktanya, risiko bocornya informasi semacam itu sangat besar di zaman digital saat ini.

Supaya lebih waspada tentang hal ini, yuk pahami 6 alasan penting menjaga keamanan data pribadi Anda.

  1. Mencegah seseorang berpura-pura menjadi Anda

Dengan memiliki pemahaman tentang pentingnya menjaga rahasia data, Anda dapat mencegah orang lain mengetahui data pribadi Anda. Jangan biarkan data pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, email, detail bank, informasi kesehatan, kode OTP (One Time Passward) dll bocor ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Umumnya data seperti ini disimpan dengan rapi oleh pihak ketiga seperti bank, kartu kredit, perusahaan, atau asuransi.

Jika tersebar luas, mungkin ada orang yang berpura-pura menjadi Anda saat online, waspada akun palsu yang mengatasnamakan Paytren Official. Informasi pribadi ini dapat digunakan untuk mendaftar atau masuk ke berbagai situs. Peluang kejahatan dunia maya seperti penipuan pajak, undian berhadiah, dll sangat besar. Untuk itu, selalu menjaga kerahasiaan data diri Anda sebaik mungkin.

Baca juga: Himbauan Penting Waspada Bahaya Pencurian Data

2. Lindungi data keuangan Anda

Menjaga keamanan data Anda dapat membantu Anda menurunkan risiko pencurian data. Penjahat online dapat mengambil informasi perbankan Anda dan melakukan penarikan, pembelian, dan transfer tanpa izin. Meskipun sebagian besar situs yang terkait dengan keuangan dienkripsi, Anda tetap harus memastikan bahwa datanya aman.

Cara untuk melindungi data pribadi ini cukup banyak. Misalnya, tidak berbagi informasi perbankan dengan siapa pun. Selain itu, gunakan juga kata sandi yang kuat.

Kata sandi yang kuat harus terdiri dari setidaknya 12 karakter termasuk angka, simbol, dan huruf kapital.

3. Hindari pencurian dan perampokan

Menjaga data pribadi juga dapat mencegah pencurian dan perampokan. Pentingnya menjaga data pribadi lainnya adalah untuk menghindari pencurian dan perampokan. Tahukah Anda bahwa kebanyakan pencurian di rumah terjadi pada siang hari?

Saat itu, rumah biasanya dalam keadaan kosong karena ditinggal bekerja, sekolah, liburan, dan lain sebagainya.

Jangan biarkan atau umumkan di media sosial bahwa tidak ada orang di rumah Anda. Hal ini dapat memancing orang untuk melakukan pencurian.

4. Lindungi diri Anda dari ancaman di masa depan

Mengamankan data pribadi dapat melindungi masa depan Anda. Setiap orang harus menjaga privasi digital mereka. Ini tidak pandang bulu, meskipun Anda bukan siapa-siapa.

Anda tidak pernah tahu seperti apa masa depan. Meskipun Anda tidak memiliki informasi apa pun yang pantas untuk disembunyikan, Anda tetap harus berhati-hati.

5. Membatasi kebebasan berpikir dan berbicara

Data pribadi yang disebarkan ke peretas dapat membatasi kebebasan berpikir Anda. Privasi adalah kunci untuk menjaga kebebasan berpikir. Tentu saja jika data Anda diambil oleh orang lain. Kemudian akan ada kemungkinan mereka menonton setiap aktivitas Anda di internet.

Dengan keadaan seperti ini tentunya akan membuat Anda tidak nyaman saat melakukan aktivitas di internet. Anda akan merasa terus-menerus diawasi, yang membatasi pikiran dan gerakan Anda.

Oleh karena itu beberapa upaya yang dapat Anda lakukan adalah memblokir cookie dari pihak ketiga dan mengubah pengaturan media sosial Anda hanya untuk teman.

6. Pertahankan karir Anda

Data pribadi yang tersebar juga dapat membuat reputasi buruk dan membatasi karier Anda. Hampir semua perusahaan memeriksa media sosial seseorang sebelum mempekerjakan mereka. Untuk menjaga reputasi Anda di mata perusahaan, hapus semua data pribadi yang dapat memengaruhi karier Anda.

Jangan memposting sesuatu yang kontroversial. Hindari membahas politik dan agama atau mengeluh tentang pekerjaan saat ini.

Itulah 6 alasan penting untuk melindungi informasi pribadi Anda. Jangan menyesal di kemudian hari. Bijaklah dalam menggunakan internet dan mulailah memperlakukan data Anda seperti harta berharga Anda, ya.

Butuh bantuan informasi online secara cepat dan instant, silakan klik di SINI.