tips mewaspadai penipuan melalui

Tips Mewaspadai Penipuan Melalui Modus “Social Engineering”

Tips Mewaspadai Penipuan Melalui Modus “Social Engineering”

Halo Paytreners yang juga sahabat pengguna Paytren di mana pun berada, segala bentuk penipuan melalui modus social engineering marak terjadi. Yuk kenali, waspadai, dan hindari modus social engineering dengan cara ini, simak baik tips mewaspadai penipuan melalui social engineering:

1. Waspada dalam menerima telepon

Waspada menerima telepon yang mengatasnamakan institusi tertentu terlebih bila penelepon mulai meminta atau memaksa Anda untuk memberikan data/informasi seperti user ID, PIN, One Time Password (OTP) atau password. JANGAN SESEKALI memberikan data/informasi tersebut ke pihak manapun.

2. Waspada ketika melakukan interaksi

Waspada ketika melakukan interaksi atau berbicara di media sosial maupun percakapan langsung. HENTIKAN dan ABAIKAN perbincangan tersebut jika Anda diarahkan untuk mengungkapkan data/informasi rahasia pribadi milik Anda.

3. Hindari menanggapi atau merespons

Hindari menanggapi atau merespon email yang berisi informasi atau link yang mencurigakan, hal seperti itu merupakan email phising (jebakan).

4. Hindari mengisi data rahasia

Hindari mengisi data rahasia Anda (password, OTP atau PIN) pada website yang Anda peroleh dari link yang mencurigakan atau pop up ads palsu.

5. Kenali, waspadai, dan hindari modus social engineering

Cara atau teknik memanipulasi (penipuan secara psikologis) orang/korban sehingga yang bersangkutan memberikan data/informasi rahasia tanpa disadarinya kepada pelaku kejahatan (fraudster). Umumnya target pelaku kejahatan mengincar hak akses seperti PIN, user ID, OTP, dan password milik korban.

Baca juga: Tips Mengamankan Transaksi di Aplikasi Paytren 5.17

# BantuanOnline # LiveChatsaja
Tidak bisa login? Lupa PIN? Lupa Password? Ingin aktif kembali? Ganti nomor HP? Ganti Email? Konsultasi? Pengkinian data? Apa pun tentang Paytren, TRENInet dan TConn, silakan klik pada jam kerja (8.00 sampai 17.00 WIB): https://bit.ly/KlikLiveChat