Terms & Condition

Syarat dan Ketentuan Aplikasi Paytren 5.17

Assalammualaikum, Wr, Wb, selamat datang di Aplikasi Paytren 5.17!

Terima kasih Anda telah mengakses situs atau mengunduh, menggunakan layanan, produk dan/atau (“Aplikasi”) Paytren 5.17. Aplikasi Paytren 5.17 adalah layanan aplikasi uang elektronik yang diterbitkan oleh Kami (PT Veritra Sentosa Internasional). 

Pada saat Anda mengakses, mengunduh atau menggunakan Aplikasi Paytren 5.17 maka Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap Anda. Dengan melanjutkan mengakses, mengunduh atau menggunakan Aplikasi Paytren 5.17, Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan ini yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Anda dengan Kami. Syarat dan Ketentuan ini juga berlaku setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan Aplikasi Paytren 5.17 melalui mitra penyedia platform lain yang menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kami dan menggunakan Aplikasi Paytren 5.17 sebagai salah satu metode pembayaran.

  1. Registrasi, Kode Keamanan dan Kode Verifikasi (OTP)
    1.     Registrasi
      1. Untuk dapat menjadi pengguna Aplikasi Paytren 5.17 (“Pengguna Paytren 5.17”), Anda harus melakukan registrasi melalui Aplikasi Paytren 5.17.
      1. Anda wajib memastikan kebenaran dan keakuratan setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu Anda sampaikan kepada Kami atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui aplikasi Paytren 5.17 (“Data”).
      1. Registrasi Pengguna Paytren 5.17 melalui Aplikasi Paytren 5.17 diwajibkan untuk memiliki nomor ponsel aktif.
  1. Kode KeamananSaat proses registrasi akun baru, Pengguna Paytren 5.17 diwajibkan membuat Kode Keamanan.Kode Keamanan dibuat oleh Pengguna Paytren 5.17 saat melakukan registrasi akun, yang terdiri dari 6 (enam) digit angka yang tidak boleh berulang atau berurutan.Kami berhak untuk melakukan blokir sementara atas akun Paytren 5.17 apabila Pengguna Paytren 5.17 memasukkan Kode Keamanan yang salah sebanyak 3 (tiga) kali berturut – turut.Pengguna Paytren 5.17 wajib menjaga kerahasiaan Kode Keamanan dan tidak membagikannya kepada siapa pun.
  1. Kode Verifikasi (kode OTP)
    1. Kode OTP akan dikirimkan melalui email ke alamat email terdaftar ketika Pengguna Paytren 5.17 membuat akun Paytren 5.17 baru.
    1. Pengguna Paytren 5.17 wajib menjaga kerahasiaan kode OTP dan tidak membagikan kode OTP kepada siapa pun.
  • Biaya Layanan 

Kami dapat mengenakan biaya dalam rangka penggunaan layanan pada Aplikasi Paytren 5.17, termasuk namun tidak terbatas pada layanan pengisian saldo (top-up), pembayaran, transfer, redeem, dan/atau pencairan uang. Keterangan mengenai jumlah biaya yang dikenakan akan Kami sediakan melalui media komunikasi, website, dan/atau media lain yang Kami tentukan dari waktu ke waktu.

  • Klasifikasi Akun Paytren 5.17Unregistered adalah Uang Elektronik yang data identitas Penggunanya tidak terdaftar dan tidak tercatat pada Penerbit.
  • Batas maksimum nilai electronic money yang tersimpan dalam server untuk jenis unregistered adalah Rp 2.000.000,-
  • Batas maksimum transaksi per bulan Rp 2.000.000,-
  • Batas Top-up per bulan Rp 2.000.000,-
  • Tidak dapat melakukan transfer antar Bank
  • Tidak dapat melakukan penarikan tunai (Cah Out)
    • Registered adalah yaitu Uang Elektronik yang data identitas Penggunanya terdaftar dan tercatat pada Penerbit.
  • Batas maksimum nilai Uang Elektronik yang tersimpan dalam server untuk jenis registered adalah Rp10.000.000,-
  • Batas maksimum transaksi per bulan 20.000.000,-
  • Batas Top-up per bulan Rp 10.000.000,-
  • Dapat melakukan transfer antar Mitra dan antar Bank
  • Dapat melakukan penarikan tunai (Cash Out)
  • Saku Paytren 5.17
    • Saku Paytren 5.17 adalah saldo uang elektronik yang terdapat di dalam akun Anda yang dapat Anda gunakan untuk berbagai macam transaksi melalui layanan yang tersedia di Aplikasi Paytren 5.17.
    • Pengguna dapat melakukan top-up (atau menambah) saldo Paytren 5.17 melalui media-media top-up resmi yang Kami sediakan dan diinformasikan melalui situs resmi Paytren 5.17 dan/atau media komunikasi lainnya.
    • Kami tidak bertanggung jawab atas keberhasilan dan/atau kegagalan top-up saldo yang dilakukan melalui media-media top-up, seperti bank, dan/atau media-media top-up lainnya.
  • Akun Tidak Aktif (Dormant Account)
    • Akun Tidak Aktif” atau Dormant Account adalah akun yang tidak terdapat transaksi keuangan selama selama 6 (enam) bulan berturut.
    • Pengguna Paytren 5.17 dapat mengaktifkan kembali Akun Tidak Aktif dengan cara menghubungi Kami, selambat-lambatnya dalam waktu 1 (satu) bulan sejak tanggal dinyatakan Akun Tidak Aktif. Dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tersebut, Anda juga dapat melakukan penarikan saldo Paytren 5.17 dalam Akun Tidak Aktif Anda tersebut, dengan cara menghubungi Kami.
    • Segera setelah jangka waktu sesuai nomor (5.2) di atas berakhir, maka Kami akan melakukan penutupan atas Akun Tidak Aktif Anda tersebut secara permanen sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
  • Blokir Atau Penonaktifan Akun
    • Blokir sementara atau permanen atas akun Paytren 5.17 Anda dapat terjadi,   termasuk namun tidak terbatas pada kejadian-kejadian berikut ini:
      • Permintaan blokir dari otoritas, instansi pemerintahan atau kepolisian;
      • Perintah pengadilan;
      • Laporan Anda bahwa telepon genggam Anda telah hilang, diretas, atau dicuri yang menyebabkan akun Paytren 5.17 Anda diretas;
      • Sebagian atau seluruh data yang Anda sampaikan tidak benar, tidak lengkap, palsu, fiktif dan/atau menyesatkan;
      • Terjadi penggunaan abusif atau indikasi transaksi yang mencurigakan;
      • Tindakan yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, dan/atau syarat dan ketentuan lainnya yang mempengaruhi; atau
      • Tindakan atau transaksi yang merugikan Kami atau Anda.
      • Dalam hal akun Anda telah diblokir sementara dan berdasarkan bukti pendukung        yang kuat yang Anda berikan tidak terdapat hal yang mencurigakan, Anda dapat menghubungi Kami sesuai ketentuan Syarat dan Ketentuan ini. Kami akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan apakah akan mengakhiri atau meneruskan pemblokiran akun Anda tersebut.
      • Kami berhak untuk menonaktifkan secara permanen atau sementara akses Anda  ke akun Paytren 5.17 Anda apabila ditemukan terjadinya indikasi penipuan atau kejahatan, baik yang Kami temukan atau atas bukti pendukung yang kuat yang diajukan oleh pihak ketiga atas akun Anda.
  • Penutupan Akun
    • Kami berhak untuk menutup akun Anda, di mana untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami anggap baik, apabila terjadinya satu atau lebih kondisi di bawah ini:
      • Permintaan Anda sendiri selaku pemilik akun;
      • 1 (satu) bulan setelah akun Anda dinyatakan Akun Tidak Aktif (Dormant Account);
      • Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi;
      • Akun atau Transaksi dalam akun Anda dinyatakan fraud (berdasarkan hasil investigasi Kami dengan pihak kepolisian, dan/atau pihak ketiga);
      • Keputusan Kami berdasarkan hukum dan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku;
      • Tindak lanjut sehubungan dengan blokir atau penonaktifan akun berdasarkan poin (6) di atas.

7.2.     Jika akun Paytren 5.17 Anda ditutup berdasarkan angka 7.1 di atas, maka setelah verifikasi dilakukan Kami dapat melakukan tindakan-tindakan penahanan, pemotongan, atau pendebetan saldo Paytren 5.17 dalam akun Anda. Penahanan, pemotongan, atau pendebetan saldo dalam akun Anda dilakukan berdasarkan pertimbangan Kami dan ketentuan yang berlaku, dan juga termasuk namun tidak terbatas untuk pemenuhan seluruh kewajiban pembayaran Anda kepada Kami, pembayaran biaya administrasi penutupan Akun dalam jumlah yang akan ditentukan oleh Kami dari waktu ke waktu atau biaya terutang lainnya (apabila ada) di akun Paytren 5.17 Anda. Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu.

  • Hak Melakukan Koreksi
    • Kami berhak untuk melakukan koreksi atas saldo dan/atau transaksi pada akun Anda, apabila menurut catatan Kami telah terjadi transaksi tidak wajar di akun Anda. Koreksi tersebut termasuk atas pertimbangan dan keyakinan Kami yang wajar untuk melakukan penahanan sebagian atau seluruh dan penarikan atas saldo akun Paytren 5.17 Anda berhubungan dengan atau disebabkan oleh penipuan, penggelapan, penyalahgunaan, dan/atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
    • Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu untuk melakukan koreksi atas saldo akun Paytren 5.17 Anda.
  • Kewajiban, Pernyataan Dan Jaminan
    • Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi Paytren 5.17 (a) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, (b) untuk tujuan yang sah, dan (c) tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktivitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan Perundang-Undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah mengunduh (download) perangkat lunak yang benar untuk perangkat Anda. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Aplikasi Paytren 5.17 atau jika Anda telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Anda.
    • Anda dilarang untuk menggunakan Aplikasi Paytren 5.17 atau melakukan Transaksi: (a) untuk tujuan, kegiatan, aktivitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi) milik pihak manapun; (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja Aplikasi Paytren 5.17 dan sistem pendukungnya.
  • Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Aplikasi Paytren 5.17 yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami.
    • Anda diwajibkan untuk memastikan tidak memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain. Setiap perintah Transaksi yang dibuat melalui akun Paytren 5.17 Anda dari Aplikasi Paytren 5.17 akan dianggap telah diotorisasi oleh Anda, dan merupakan perintah Anda untuk melakukan Transaksi. Anda akan menanggung segala kerugian yang ditimbulkan karena kelalaian Anda dan Kami tidak akan bertanggung jawab atas kelalaian Anda tersebut.
    • Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:
      • Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda di bawah usia 18 (delapan belas) tahun atau di bawah pengampuan, Anda menjamin bahwa pembukaan Akun Paytren 5.17 telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Anda yang sah.
      • Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Aplikasi Paytren 5.17 serta untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini;
      • Jika Anda melakukan pendaftaran atau mengunduh Aplikasi atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan usaha atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan usaha atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini.
      • Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan rekening ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan Kami dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Anda melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku;
      • Seluruh Data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada Kami atau pada atau melalui Aplikasi atau Sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
  • Aplikasi Paytren 5.17 akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan usaha atau pihak lain yang secara sah Anda wakili sebagaimana dimaksud huruf (c) di atas.
    • Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data, akun Paytren 5.17, OTP dan/atau Kode Keamanan, dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan akun Paytren 5.17 kepada orang atau pihak manapun;
    • Dalam atau pada saat menggunakan Aplikasi Paytren 5.17, Anda setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan Perundang-Undangan di negara asal Anda maupun di negara atau kota dimana Anda berada.
    • Dengan melaksanakan transaksi melalui Aplikasi Paytren 5.17, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami dan rekanan-rekanan Kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.
  1. Pembatasan Tanggung Jawab
    1. Uang elektronik bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam peraturan Perundang-Undangan di bidang Perbankan sehingga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
    1. Layanan disediakan dalam kondisi “as is ”atau “apa adanya”. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan layanan Aplikasi Paytren 5.17. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
      1. Penggunaan Aplikasi Paytren 5.17 (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;
      1. Aplikasi Paytren 5.17 dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan  atau dengan kombinasi perangkat (baik perangkat keras maupun lunak) atau sistem pihak lain yang tidak Kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Aplikasi Paytren 5.17;
      1. Penyediaan Aplikasi Paytren 5.17 atau kelancaran bertransaksi atau penggunaan akun Paytren 5.17 akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;
      1. Setiap data transaksi yang Kami simpan atau tersimpan dalam Aplikasi Paytren 5.17 dan sistem penunjangnya adalah akurat atau benar;
      1. Kualitas layanan atau Aplikasi Paytren 5.17 akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda; dan
      1. Tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari Aplikasi Paytren 5.17 dan sistem penunjangnya.
    1. Mengingat bahwa Kami hanya berperan sebagai penyedia platform, maka Kami tidak bertanggung jawab terhadap isi, bentuk, jenis dan/atau ketersediaan dari Layanan tersebut maupun hal-hal lain terkait dengan Layanan tersebut yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak Penyedia Layanan.
    1. Anda mengetahui dan setuju bahwa Kami berhak untuk memblokir dan/atau menutup Akun dan rekening dan/atau layanan/fasilitas apabila: a.) Kami memahami dan memiliki alasan yang memadai untuk menyatakan bahwa telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau perbankan atau kriminal yang terkait dengan Akun atau Rekening dan/atau layanan/fasilitas Pengguna Paytren 5.17; b.) Pengguna Paytren 5.17 memberikan data yang tidak valid/tidak lengkap kepada Kami; c.) Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku atau untuk memenuhi kewajiban/utang yang belum diselesaikan oleh Pengguna Paytren 5.17.
    1. Anda dengan ini mengetahui bahwa Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu Transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.
    1. Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan (a) Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari Sistem atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau (b) Layanan (atau fitur-fitur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan Klaim kepada Kami.
    1. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian tidak langsung dan/atau kerugian immateril, termasuk setiap biaya, keuntungan (termasuk bunga), kerusakan, dan kerugian dalam jenis atau bentuk apapun, yang (i) Anda atau pihak ketiga lainnya alami, (ii) yang terjadi akibat kesalahan merchant Kami.
    1. Kami hanya bertanggung jawab atas kerugian yang Anda alami secara langsung yang senyatanya dibayar, yaitu yang dapat dibuktikan terjadi akibat kesalahan Kami atau pelanggaran Kami atas Syarat dan Ketentuan ini. Jumlah maksimum yang akan Kami tanggung dalam kondisi apapun, yaitu hanya terbatas pada jumlah yang paling rendah antara nilai transaksi yang dimaksud (yang tercatat sesuai di sistem Kami) atau maksimum senilai Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah).
    1. Kami tidak bertanggung jawab atas segala klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Anda yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Anda, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada Kami, kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan Kami yang disengaja atau kelalaian Kami.
    1. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari penggunaan Data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    1. Pemberian Data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi Paytren 5.17 yang Anda lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
    1. Penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
    1. Sebagai Pengguna Paytren 5.17, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan sandi, kode OTP, dan Kode Keamanan yang Anda gunakan untuk login dan mengakses akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun apabila, Anda mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan akun Anda, dan dengan ini Anda membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, dan/atau afiliasi Kami, dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Anda.
    1. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari Klaim Anda atas ketentuan “Pembatasan Tanggung Jawab” ini (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang Kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).
    1. Apabila ada hal yang ingin Anda sampaikan sehubungan dengan bagian “Pembatasan Tanggung Jawab” ini, Anda dapat menghubungi Kami.
  1. Risiko Penggunaan

Dengan menggunakan Paytren 5.17, Anda dianggap telah mengerti atas segala risiko dari penggunaan uang elektronik, seperti pencurian saldo, pengambilalihan akun, dan penipuan. Oleh karena itu, kembali Kami ingatkan untuk selalu berhati-hati dalam menjaga akun Anda dari segala tindak kejahatan dengan:

  1. Mengetahui bahwa Kami tidak pernah meminta Kode Keamanan maupun kode OTP kepada Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati dan tidak merespon segala bentuk panggilan maupun tautan yang dikirim melalui email ataupun website (situs palsu menduplikasi situs resmi Paytren 5.17) yang ditujukan untuk percobaan penipuan yang mengatasnamakan Paytren 5.17 yang meminta Anda untuk memberikan Kode Keamanan dan kode OTP.
    1. Hanya menghubungi Live Chat atau Layanan Pengguna Paytren 5.17 resmi Kami seperti yang tertera dalam situs resmi Kami https://www.paytren.co.id/ kemudian pilih menu “Hubungi Kami” untuk menyampaikan pesan Anda, dan tidak merespon kepada customer service palsu yang terdapat di media sosial.
    1. Jika terjadi kehilangan akses terhadap akun dan perangkat yang Anda gunakan, untuk langsung menghubungi layanan resmi Kami dan melaporkan kejadian yang terjadi.
    1. Hanya melakukan transfer kepada sesama pengguna jika Anda yakin bahwa akun yang ditujukan adalah benar, jika tidak, transfer lebih baik dilakukan melalui akun bank.
    1. Selalu perhatikan situasi di sekitar Anda saat hendak melakukan login dengan memasukkan Kode Keamanan Anda. Jika Anda berpikir bahwa situasi sekitar tidak aman, Anda dapat melakukan login dengan menggunakan sidik jari.
    1. Selalu melakukan update untuk aplikasi Paytren 5.17 Anda, sehingga sistem keamanannya selalu terjaga.
    1. Hanya melakukan pengisian saldo (top-up) akun Paytren 5.17 Anda melalui mitra dan/atau agen yang Kami sediakan, termasuk melalui agen bank tertentu maupun pihak ketiga lain yang Kami informasikan. Layanan ini mungkin dikenakan biaya tertentu dan berbeda tergantung dari setiap layanannya.
  1. Perlindungan Dan Kerahasiaan Data

Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan dan penyerahan Data yang Anda sampaikan kepada Kami akan dilakukan dengan tunduk kepada Syarat dan Ketentuan ini dan kebijakan privasi yang terdapat dihttps://www.paytren.co.id/privacy-policy/ yang menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan ini.

13. Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana PT. Veritra Sentosa Internasional mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, memindahkan, mengungkapkan dan melindungi informasi pribadi anda yang diperloleh melalui aplikasi PayTren. Kami menjaga privasi pelanggan dengan sangat hati-hati, untuk itu silahkan membaca kebijakan privasi ini dengan seksama dan pastikan anda memahami Kebijakan Privasi yang kami berlakukan.

13.1 Kebijakan Privasi ini mencakup beberapa hal antara lain:

  • Pengumpulan Informasi Pribadi
  • Penggunaan Informasi Pribadi
  • Pengungkapan Informasi Pribadi
  • Pembaharuan Informasi Pribadi
  • Keamanan Informasi Pribadi
  • Pernyataan dan Persetujuan
  • Perubahan Kebijakan Privasi ini
  • Menghubungi Kami

13.2 Pengumpulan Informai Pribadi

Ketika anda menjadi pengguna aplikasi PayTren, anda diharuskan untuk memberikan informasi tertentu sehingga anda dapat menggunakan layanan kami. Informasi pribadi anda akan kami kumpulkan pada saat anda mendaftar dan secara berkala dapat diperbaharui ketika menggunakan layanan aplikasi PayTren. Informasi yang kami kumpulkan meliputi Nama, Nomor Tanda Pengenal, Alamat, Nomor Ponsel, Alamat Email, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin. Ketika anda menggunakan aplikasi kami, kami akan memproses data teknis seperti IMEI (International Mobile Equipment Identity), WIFI MAC (Media Access Control) Address, dan jumlah saldo yang anda miliki pada deposit PayTren.

Informasi pribadi yang kami kumpulkan, dapat digunakan untuk memfasilitasi penggunaan layanan, memverifikasi kepemilikan akun, mengkonfirmasi suatu kondisi yang berhubungan dengan layanan, memberikan informasi mengenai fitur-fitur baru dan lainnya.

13.3 Penggunaan Informasi Pribadi

Kami akan menggunakan nama, nomor ponsel dan alamat e-mail anda untuk mengirimkan pesan mengenai pembaharuan aplikasi, program promosi dan pengiriman perbaharuan PIN dan kata sandi. Kami akan menggunakan informasi rekening bank anda untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan masalah keuangan akun PayTren anda.

Sewaktu-waktu kami dapat menggunakan informasi pribadi anda untuk melakukan penelitian dan menyebarkan kuesioner dalam rangka peningkatan kualitas layanan. Informasi Pribadi digunakan dalam bentuk tanpa nama dan secara keseluruhan untuk memantau lebih dekat fitur-fitur mana dari Layanan yang paling sering digunakan, untuk menganalisa pola penggunaan dan akan difokuskan pada peningkatan layanan kami.

Gambar atau foto yang diunggah dalam aplikasi PayTren akan digunakan untuk bahan verifikasi data atau keperluan lainnya.

Kami menggunakan data teknis berupa IMEI dan WIFI MAC Addres untuk memastikan sebuah perangkat telah terverifikasi. Sistem kami secara otomatis akan mengirimkan kode verifikasi berupa OTP (One Time Password) jika terjadi perubahan perangkat yang digunakan untuk menjalankan aplikasi PayTren, perubahan atau penambahan alamat e-mail, perubahan atau penambahan no handphone.

Aplikasi kami secara otomatis akan membaca data kontak anda dan akan ditampilkan secara otomatis untuk memudahkan anda memasukkan data pada fitur pengisian pulsa atau pembayaran biaya telepon selular ataupun telepon rumah, sehingga anda tidak perlu berulang-ulang menuliskan nomor tujuan, system kami juga secara otomatis akan menyimpan nomor pelanggan untuk pembayaran listrik PLN baik pasca maupun prabayar, pembayaran PDAM, BPJS, TV Berlangganan, Games Online, internet pra maupun pasca, dan pembayaran cicilan keuangan.

13.4 Pengungkapan Informasi Data

Informasi pribadi anda dapat dibagikan kepada pihak ketiga seperti Layanan Penelitian Independen, penjual pihak ketiga, ataupun pihak lain yang terhubung secara langsung dengan pengguna.

Data pribadi anda hanya akan kami ungkapkan untuk tujuan-tujuan tertentu antara lain:

  1. Ketika anda mendaftar sebagai pengguna aplikasi kami, anda akan terhubung secara langsung dengan pihak penjual serial yang anda gunakan untuk login aplikasi, kami dapat memberikan informasi pribadi anda kepada pihak ketiga selaku penjual lisensi aplikasi dalam hal dan jika perlu terhubung dengan anda secara langsung atau kehilangan kontak dengan anda
    1. Kami juga dapat memberikan informasi pribadi anda untuk memproses pesanan yang Anda kirimkan melalui menu yang disediakan, baik produk yang dijual langsung dalam aplikasi kami atau penjual pihak ketiga. Pengiriman produk yang Anda pesankan atau produk sebagai bentuk promo yang kami berikan akan diproses dan dikirimkan oleh agen kami atau pihak ketiga seperti kurir atau supplier
    1. Kami dapat mengungkapkan informasi pribadi anda kepada pihak ketiga yang bertindak sebagai lembaga independen untuk melakukan penelitian dan mengetahui aspek-aspek yang kami butuhkan contohnya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, untuk mengetahui layanan mana dari yang kami sediakan dan paling sering digunakan, atau untuk mengetahui pola pengunaan aplikasi kami
    1. Dalam keadaan tertentu, Kami mungkin perlu untuk mengungkapkan informasi pribadi, seperti ketika ada alasan kuat yang dapat dipercaya bahwa pengungkapan tersebut diperlukan untuk mencegah tindak kriminal, untuk tujuan penegakan hukum, atau untuk permintaan pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan terkait.
    1. Kami menyatakan bahwa kami tidak terlibat dalam bisnis memperjualbelikan informasi pribadi anda kepada pihak ketiga.
    1. Pembaharuan Informasi Pribadi

Anda dapat memperbarui Informasi pribadi Anda kapan saja dengan mengakses fitur profile yang kami sediakan.

Kami mengambil langkah-langkah untuk berbagi pembaruan informasi pribadi Anda dengan pihak ketiga dan afiliasi kami jika informasi pribadi Anda masih diperlukan untuk tujuan tersebut di atas.

13.6.     Keamanan Informasi Pribadi

Kami berusaha menjaga informasi pribadi yang anda berikan dengan standar sistem keamanan database yang kami gunakan, dan kami juga menjaga agar informasi pribadi anda tidak digunakan oleh pihak lain yang tidak dikenal.

Anda tidak boleh mengungkapkan pin keamanan dan kata sandi anda kepada siapapun.

13.7      Pernyataan dan Persetujuan

Dengan menggunakan aplikasi PayTren, anda menyatakan telah membaca dan memahami sepenuhnya atas kebijakan privasi ini. Anda juga menyatakan bahwa anda memberikan hak kepada kami untuk menggunakan dan membagikan informasi pribadi anda kepada pihak ketiga dengan alasan yang wajar sejauh yang diijinkan oleh ketentuan hukum yang berlaku. Anda setuju untuk tidak melakukan tuntutan apapun kepada PayTren dalam hal pengungkapan informasi pribadi anda.

Kebijakan Privasi ini dibuat dan diatur berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Jika dikemudian hari timbul sengketa akibat kebijakan privasi ini maka akan diatur oleh yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Negeri Kelas IA Bandung.

  1. Perubahan Kebijakan Privasi ini 

PT. Veritra Sentosa Internasional selaku pemilik aplikasi Paytren secara berkala akan meninjau Kebijakan Privasi ini. Jika Kebijakan Privasi ini sudah tidak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku atau dengan kebutuhan pengguna, Kami berhak untuk memperbaharui dan mengubahnya setiap saat. Setiap perubahan sekecil apapun pada Kebijakan Privasi ini akan dipublikasikan pada menu Kebijakan Privasi yang kami sediakan.

14. Hak Kekayaan Intelektual

14.1.   Seluruh Aplikasi Paytren 5.17 dan sistem pendukungnya termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi Paytren 5.17 yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi Paytren 5.17; (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi Paytren 5.17; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi.

14.2.     Anda tidak diperkenankan dari waktu ke waktu untuk (i) menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Aplikasi Paytren 5.17 (termasuk sistem pendukung dan layanan di dalamnya) yang dilisensikan kepada Anda, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan ini, (ii) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga dan / atau perangkat lunak dengan cara; (iii) menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang memberikan lisensi hak-nya kepada Kami, (iv) menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi Paytren 5.17, (v) merekayasa ulang atau mengakses Aplikasi Paytren 5.17 dan/atau sistem pendukungnya untuk (a) membangun produk atau layanan tandingan, (b) membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis, atau (c) menyalin ide, fitur, fungsi atau grafis, (vi) meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web crawlers, web robots, web indexers, bots, virus, worm, atau aplikasi lain sejenis dan segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi Paytren 5.17, (vii) menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, “tambang data” (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi Paytren 5.17 dan isi yang terdapat di dalamnya.

15. Keadaan Kahar (Force Majeure)

Tidak menutup kemungkinan Kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan Transaksi maupun perintah atau instruksi dari Anda melalui Aplikasi atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan Kami termasuk namun tidak terbatas pada (a) segala gangguan virus komputer, (b) sistem trojan horses, (c) komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu Aplikasi, Layanan dan/atau Akun, (d) layanan atau jasa Internet Service Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan, dan/atau (e) bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Kami. Anda dengan ini setuju bahwa Kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab Keadaan Kahar ini.

16. Hukum Yang Berlaku Dan Penyelesaian Perselisihan

16.1. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara  Republik   Indonesia.

16.2.  Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:

   16.2.1. Salah satu pihak baik Anda atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);

16.2.2. Jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama menunjuk pihak ketiga (“Mediator”) sebagai mediator untuk menyelesaikan Perselisihan dan penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis yang ditandatangani bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua.

16.2.3. Proses mediasi oleh Mediator khusus akan diselesaikan oleh satu arbiter yang ditunjuk berdasarkan Peraturan Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang beralamat di gedung Wahana Graha Lantai 2, Jl. Mampang Prapatan Nomor 2 Jakarta Selatan 12760, Republik Indonesia (BANI).

16.2.4. Ketentuan mengenai seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran dalam rangka penyelesaian Perselisihan diputuskan berdasarkan putusan arbitrase yang final dan mengikat.

16.2.5. Kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak manapun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial. Jika Anda melanggar ketentuan butir (e) ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau PIN dapat sewaktu-waktu diakhiri atau di non-aktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.

16.3.     Sehubungan dengan kuasa yang tidak ditarik kembali yang Anda berikan kepada Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, kuasa tersebut akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk alasan-alasan yang dimaksud dan diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali dalam hal Anda menutup akun Paytren 5.17 Anda.

17. Masa Berlaku Dan Pengakhiran

17.1.  Syarat dan Ketentuan ini berlaku sejak Anda menjadi Pengguna Paytren 5.17 dan tetap berlaku selama Anda belum melakukan penutupan akun Paytren 5.17 Anda atau Anda memiliki akun Paytren 5.17 yang aktif.

17.2.   Anda sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.

17.3.   Anda dengan ini sepakat untuk mengenyampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan

17.4.   Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada  Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun.

17.5.  Anda dengan ini membebaskan Kami dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan.

18. Hubungi Kami

18.1. Untuk setiap masalah yang berkaitan dengan Aplikasi Paytren 5.17 dan/atau akun Anda, atau pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan ini Anda dapat meminta bantuan pada Contact Center atau Layanan Pengguna Paytren 5.17 (dengan menyertakan bukti pendukung), melalui Live Chat di www.paytren.co.id dana tau Pusat Bantuan di Aplikasi Paytren 5.17, Hubungi kami.

18.2. Paytren 5.17 akan menyampaikan tanggapan pertama atas pengaduan Anda dalam waktu 2 (dua) hari kerja sejak diterimanya pengaduan.

18.3. Selanjutnya, apabila Anda ingin menindaklanjuti tanggapan pertama yang Paytren 5.17 berikan, maka Paytren 5.17 akan menyampaikan hasil penanganan lebih lanjut secara tertulis dalam waktu paling lama 20 (dua puluh) hari kerja sejak pengaduan diterima.

18.4 Dalam hal penanganan pengaduan tidak dapat diselesaikan dalam jangka waktu 20 (dua puluh) hari kerja di atas, maka penyelesaian pengaduan tersebut dapat diperpanjang untuk waktu 20 (dua puluh) hari kerja berikutnya.

18.5. Apabila terjadi perbedaan saldo pada aplikasi Anda dengan Kami, maka pengaduan akan Kami tindak lanjuti sesuai dengan prosedur pengaduan di atas.

19. Perubahan

Kami berhak untuk, dari waktu ke waktu, melakukan perubahan, penambahan, dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi dengan diumumkan melalui aplikasi Paytren 5.17 dan/atau situs www.paytren.co.id. Apabila Anda menggunakan layanan Aplikasi Paytren 5.17 secara terus-menerus dan berlanjut setelah perubahan, penambahan dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan merupakan bentuk persetujuan Anda atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut. Apabila Anda tidak setuju atas perubahan, penambahan dan/atau modifikasi tersebut, Anda diminta berhenti mengakses dan/atau menggunakan Aplikasi Paytren 5.17 dan/atau Layanan Kami.

20. Tanggal Berlaku

Syarat dan Ketentuan ini berlaku sejak tanggal 10 September 2020.